Sedikit Riwayat Pangeran Mufti Ahmad, Salah Satu Anak Dari Datu Kalampayan yang Menjadi Mufti Besar Kerajaan Banjar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 23 Mei 2022

Sedikit Riwayat Pangeran Mufti Ahmad, Salah Satu Anak Dari Datu Kalampayan yang Menjadi Mufti Besar Kerajaan Banjar



Syekh Mufti H. Ahmad adalah anak dari Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kalampayan Martapura) dan Ratu Aminah. Beliau lahir pada 7 Sya'ban 1203 H. Sering juga disebut Pangeran Ahmad Mufti.

Beliau anak dari Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari yang banyak mewarisi ilmu orang tua beliau, khususnya dibidang ilmu Alat, ilmu Falak dan geografi. Beliau juga anak dari Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari yang menjadi Mufti kerajaan. Beliau memiliki bakat seni yang tinggi dalam kaligrafi dan seni ukir.

Banyak yang belajar ilmu agama kepada beliau. Baik kalangan awam, maupun bangsawan. Salah satu yang menjadi murid beliau adalah Sultan Adam Al Watsiq Billah (Salah satu Sultan kerajaan Banjar)

Anak dari Pangeran Mufti Ahmad ada yang bernama Syekh As'ad Khatib. Beliau sangat banyak menulis riwayat hidup Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Hingga beliau banyak menjadi sumber rujukan penulis sejarah hidup Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Pangeran Mufti Ahmad wafat pada 29 dzulqa'idah 1246 H. Sebelum ashar, beliau membaca doa sampai pada kalimat "Alhamdulillah" beliau pun kembali ke Rahmatullah.

Sumber : buku "Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" tulisan Abu Daudi, sub judul "Dari Isteri Bernama Ratu Aminah" hal 187

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner